RPG (Role Playing Games)

RPG (Role Playing Games)

apa itu RPG? dalam dunia games tentu kita sudah banyak mengenal.

mari kita lihat.

Menurut wikipedia RPG dapat mengacu kepada beberapa hal:

  • Role-playing game – sebuah permainan yang pemainnya menjalankan peran dari suatu karakter
    • Computer role-playing game (CRPG atau WRPG) – permainan video PC dengan unsur role-playing game
    • Console role-playing game (cRPG atau JRPG) – permainan video konsol dengan unsur role-playing game
    • Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG) – role-playing game yang dimainkan di internet dengan jumlah pemain yang besar.

oke dalam definisi diatas kita tau RPG merupakan games yang dimainkan dengan memainkan salahsatu karakter. dalam games RPG terdapat banyak sekali class/job yang dapat di pilih oleh player. Contohnya seperti : Knight, Blader, Swordman, Archer, Inquisitor, Mage, Druid, dan masih banyak lagi.

Dari class/job tersebut ada beberapa kategori seperti, Attacker, Tanker, Healer, dll. lalu dalam sebuah games RPG dipastikan ada yang namanya cerita atau jalan cerita game yang terkait.

Lalu apa bedanya antara RPG, cRPG, JRPG, MMORPG?

RPG merupakan salah satu genre dalam game

cRPG merupakan games-games RPG yang dimainkan dalam suatu console, seperti Nintendo, Play Station, dan yang lainnya

JRPG merupakan games-games RPG yang dibuat oleh jepang, dan biasanya karakternya memiliki cirikhas dengan jepang seperti animasi yang seperti anime ataupun yang lainnya

MMORPG merupakan games-games RPG yang dimainkan secara online, atau dimainkan secara massive. pada games ini biasanya ada dungeon ataupun monster-monster yang harus dikalahkan secara bersama-sama atau kita sebut Party/ Raid

Nah masuk ke bahasan selanjutnya apa itu dungeon?

saya sendiri mengartikan dungeon merupakan tempat tersembunyi dimana bersarangnya monster yang kuat, dan di dungeon pula terdapat item-item langka yang dapat digunakan oleh player.

lalu apa itu Party/Raid?

Party/Raid bisa dikatakan adalah sekelompok player yang tergabung untuk mengalahkan monster yang kuat atau kita sebut saja Boss Monster.

lalu bedanya Party dan Raid itu apa?

Party merukapan kelompok dalam jumlah kecil biasanya terdiri dari 5 player untuk memasuki dungeon ataupun mengalahkan Boss Field

Sedangkan Raid sendiri merupakan kelompok yang terdiri dari beberapa party, dalam konsep games RPG jumlah maksimal Raid berbeda beda ada yang 25 ada pula yang 50 player.

Tadi kita sebutkan Boss Field, lalu apa itu?

Boss Field merupkan monster terkuat disuatu area di map, dimana jika kita mengalahkannya akan ada item tertentu yang di drop yang lebih bagus dari monster biasa.

Dari tadi kita membahas tentang dungeon, party boss monster dll. Nah untuk playernya sendiri bagaimana?

Player harus mengumpulkan sejumlah uang games untuk membeli item/equipment yang bagus dan cukup kuat untuk mengalahkan musuh-musuh, ataupun item tersebut dapat dicari di dungeon atau boss field.

btw pernah mendengar PVP, apa itu?

PVP atau Player vs Player, yaitu pertarungan antar dua player untuk mencari siapa pemenang dan mencoba skill bertarung kita. dalam PVP biasanya ada aturan sendiri yang dibuat oleh GM(Game Master) yang bahkan biasanya player membuat aturan tak tertulis dalam PVP.

lalu siapa GM?

GM ialah orang yang mengatur game MMORPG.

Sekian dan bila ada yang kurang silahkan ditambahkan di dalam kolom komentar, karena ini hanya pemikiran dari admin. eheheh

Selanjutnya kita akan bahas tentang FPS

Ketik Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *